Pages

Friday, June 21, 2019

Drama Lahiran Anak Pertama (1)

Judul di atas agak lebay sih ya. Tapi rasanya setiap orangtua, terutama ibu pasti merasa cerita lahirannya sangat berkesan. Dramatis banget sampai pengen cerita-cerita terus ke tiap orang yang ditemui dan gampang banget triggered buat ngomongin lahiran lagi, lahiran lagi padahal ngga ada yang nanya juga. Ini saya banget sih. Wkwk.

Jadi sebaiknya saya tulis aja sekalian di blog ya. Biasanya pemikiran yang udah tertuliskan jadi enak buat saya baca-baca lagi tiap triggered dan ngga bikin saya over ngoceh ke orang-orang sekitar. Here we go..

Setahun yang lalu akhirnya kehamilan pertama saya (sekarang lagi hamil kedua.lol) masuk minggu ke 39. Hari perkiraan lahir sekitar dua minggu kemudian dan pas itu saya udah cuti maternity leave. Di kantor udah ngga konsen kerja karena badan kayak sakit semua. Malam hari juga mulai susah tidur karena constantly pengen pipis dan tidur pake posisi apa aja rasanya ngga nyaman. Miring ke kanan, kiri, diganjal bantal hamil, dipijit suami tetep aja badan rasanya kayak remuk dari dalam. Alhasil tiap beberapa hari sekali saya nangis malam-malam. Cape dan kesel (astaghfirullah) karena waktu berasa super lambat ke tanggal HPL. Suami juga cuma bisa bilang "sabar nduk, ntar sakitnya hilang semua pas udah lahir bayinya". Yha. Untung kucayank. Untung juga si Uda sabar dan cekatan banget kalau ada keluhan pinggang sakit atau kaki kram. Pijat oksitosin dari suami memang terbaiqqqq.

Saat kunjungan ke obgyn di minggu sebelumnya, dokter mengingatkan kalau masuk week 39 harus waspada. Kontrol dan USG seminggu sekali, gerakan janin juga harus dihitung. Kalau ada penurunan jumlah gerakan yang signifikan harus gercep ke rumah sakit. Pas itu yang terpikir oleh saya cuma betapa pricey-nya kalau harus seminggu sekali kontrol dan tas lahiran yang saya siapkan untuk dibawa ke RS belum kelar juga saya isi. Dua hari liburan di rumah, saya udah mulai bosan. Mau beberes pun ngga punya tenaga. Jadilah kalau siang kegiatan saya cuma scroll instagram nontonin video-video persiapan melahirkan dari Bidan Kita dan Doula ngehits mba Jamilatus Sa'diyah. Saya pengen banget kayak ibu-ibu muda di video mereka yang bisa senyum (bahkan nari-nari) saat kontraksi dan melahirkan normal tanpa robekan perineum. Which was agak mimpi karena saya males banget senam hamil 😂

Walaupun males tapi ya pernah juga sih saya senam hamil di RS tempat saya kontrol. Baru dua kali kalau ngga salah. Setelah itu saya ambil kelas laktasi dan kelas persiapan melahirkan dulu, senam hamilnya dipending ngga tau kenapa. Eh ternyata mungkin itu maternity instinct ya. Seminggu setelah ambil kelas persiapan melahirkan, qadarullah saya langsung praktik. Wkwk. Kelas persiapan melahirkan ini ternyata membantu banget karena suami juga dilibatkan. Bidan pengajarnya bilang, pendamping melahirkan (doula) terbaik ya suami bukan tenaga medis.

Sabtu pagi, 26 Mei saya bolos kelas senam hamil karena tiba-tiba pengen tidur sampai siang. Padahal selama hamil saya suka pusing kalau ngga bangun pagi. Bangun tidur saya buka-buka lagi tas lahiran dan lemari baju, mikir apalagi yang perlu dimasukin. HPL masih pertengahan Juni jadi saya santai-santai aja. Uda juga ngegame Dota aja seperti biasa kalau weekend. Sabtu malam saya kumat kecentilan dan nempel-nempel sama Uda. Beliau sih amused tapi ya ngeri karena perut saya udah super besar. Tapi ya siapalah lelaki yang bisa menahan godaan wanita ya, malam itu terjadi juga hal-hal yang diinginkan. Saya dan Uda cekikikan ingat artikel yang kami baca tentang induksi alami. Jadi hubungan suami-istri saat menjelang persalinan itu bermanfaat banget karena bisa membantu kontraksi.

Tengah malam saya merasa agak mulas. Mulasnya mild banget sih jadi mikirnya itu cuma kontraksi palsu. Ngga seperti malam-malam trimester tiga sebelumnya, malam itu saya bisa tidur nyenyak sampai pagi. Minggu pagi saya merasa ada flek kecil warna pink samar dan perut saya agak mulas. Mulasnya hilang timbul dan hampir ngga berasa jadi saya ngga terpikir itu kontraksi menjelang lahiran. Saya cerita ke Uda dan kami memutuskan sorenya akan ke dokter untuk bertanya soal flek itu. Saya pernah kena ISK juga saat trimester dua jadi yang ada di pikiran kami ya gangguan kehamilan, bukan tanda-tanda melahirkan. Toh HPL masih 2 minggu lagi ini..

Tiba-tiba saat akan akan wudhu untuk sholat Dzuhur, saya merasa ngga nyaman di bagian bawah. Saya pikir keputihan berlebih tapi ketika saya cek ke kamar mandi, jeng....jeng..... underwear saya sudah penuh lendir darah. Kayaknya itu mucus plug ya? Iya bukan ya? Tapi kayaknya gitu di 101 persiapan persalinan. Saya agak ngeblank dan manggil-manggil si Uda ke kamar mandi. Begitu melihat yang saya tunjukkan, Uda yang sedang bebersih rumah langsung freak out. Mukanya panik dan mengajak saya langsung ke RS saat itu juga.

Saya masih sempat setrika baju untuk saya dan Uda pakai ke RS sambil berpikir itu darah apa dan mengingat-ingat cara nafas yang diajarkan di kelas persiapan melahirkan. Siapa tahu itu beneran mucus plug. Ah tapi masa iya..

Uda memutuskan membawa tas lahiran ke RS (orangnya well-prepared banget) padahal saya santai-santai aja dan masih ngga yakin akan lahiran sebelum HPL. Sesampainya di RS dan menceritakan tentang lendir darah ke dokter di IGD, ternyata dokter memutuskan agar saya didorong menggunakan kursi roda ke ruang VK. Saya akan diperiksa bidan di sana. Saya mikir kok ya lebay amat ngga boleh jalan kaki tapi saya ngga protes karena enak juga kan tinggal duduk nyampe di tempat tujuan. Sepanjang jalan menuju VK saya googling kepanjangan VK dan jadi deg-degan karena ternyata kepanjangannya adalah Verlos Kramer. Alias Ruang Bersalin. Cuy, ngeri ugha.

Itu sebenarnya bukan kunjungan saya yang pertama ke ruang VK. Trimester sebelumnya saat kena ISK, saya juga dicek bidan di ruangan itu. Tapi saya ngga notice kalau itu ruang bersalin karena emang sepi banget ngga ada ibu-ibu lahiran. Fyi, RS dekat kontrakan saya ini bukan RS ibu dan anak tempat saya biasa kontrol. Tapi dokter obgyn saya juga praktik di sini. Karena RS umum, ruang bersalinnya juga ngga selalu ada pasien.

Setelah turun dari kursi roda dan berbaring di ranjang pasien, bidan datang membawa alat untuk mendengarkan detak jantung bayi. Saya lupa apa namanya. Jantungnya stabil dan kuat, alhamdulillah. Karena cerita saya tentang lendir darah itu, bidan memutuskan untuk cek bukaan. Walaupun masih jauh dari HPL tapi ada kemungkinan persalinan yang maju. Apalagi riwayat menstruasi saya yang tanggal tiap bulannya selalu maju satu atau dua minggu.

Yang namanya cek bukaan itu ternyata SAKIT, sodara-sodaraaaaa. Saya sering membaca cerita persalinan dan banyak yang bilang cek bukaan itu rasanya ngga nyaman. Itu diperhalus banget apa gimana bahasanya. Ini beneran SAKIT bukan cuma ngga nyaman. Bidan memakai sarung tangan karetnya, tersenyum meyakinkan dan bilang "ngga nyaman sedikit ya Bu, coba rileks aja". Dan tangannya mengecek sampai ke dalam. DALAM. Sampai menyentuh rahim dan rasanya itu ngilu plus bikin mulas. Hasil cek bukaan adalah lendir darah itu beneran mucus plug, yang berarti segel rahim saya udah kebuka dan tinggal tunggu waktu untuk melahirkan. Bidan juga berkata kalau saya udah bukaan dua. Wew. Saya dan Uda ketawa-ketawa panik.

(Bersambung ke bag 2)

0 comments:

Post a Comment